Rabu, 04 Agustus 2010

HUBUNGAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs AL-MUJAHIDIN SAMARINDA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan zaman menuntut kreatifitas dan keahlian dalam bidang-bidang kehidupan. Banyak cara dan sarana untuk mendalami serta menguasai hal tersebut, salah satunya adalah penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk ukuran zaman sekarang yang serba canggih dan modern ini. Diantara salah satu indikator dalam mengukur perkembangan dan kemajuan suatu negara adalah penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Indonesia merupakan bangsa yang sedang berkembang dan sangat menyadari hal itu. Adapun faktor-faktor yang mendukung terhadap penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas melalui jenjang pendidikan yang formal maupun informal karena dengan penguasaan ilmu pengtahuan dan teknologi akan mempengaruhi keberhasilan dalam membangun masyarakat maju dan mandiri.
Pendidikan atau proses pendidikan mempunyai peranan strategis dalam mencapai kemajuan suatu bangsa dan negara. Namun, pendidikan itu bukanlah proses yang berdiri sendiri, tetapi banyak hal yang terkait yang perlu diperhatikan dan dikembangkan secara terpadu. Faktor yang saling terkait itu antara lain adalah peserta didik, pendidik, cita-cita pendidikan (tujuan), lingkungan, alat, sarana, fasilitas dan sebagainya.
Dalam pendidikan terdapat adanya proses belajar mengajar yang didalamnya ada faktor-faktor yang menunjang keberhasilan belajar. “Pembelajaran sebagai suatu sistem merupakan suatu pendekatan mengajar yang mengemukakan hubungan sistematik antara berbagai komponen , dintaranya tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, metode belajar mengajar, media dan evaluasi pengajaran”.1
“Pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran”.2 Kelengkapan sarana belajar juga termasuk didalamnya, karena sarana belajar merupakan fasilitas dan perlengkapan yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar.
Sarana belajar merupakan alat yang dipakai dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Adapun yang dikatakan sarana belajar itu bermacam-macam bentuk dan fungsinya mulai dari yang kecil sampai yang besar, dari yang tradisional sampai yang modern, seperti buku pelajaran, buku catatan, komputer, modul, diktat dan masih banyak lagi sarana yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran
Di setiap sekolah pastilah mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik untuk siswanya, begitu juga dengan Mts Al-Mujahidin. Di madrasah para siswa dihadapkan lebih dari 10 mata pelajaran yang diantaranya mata pelajaran umum dan khusus, khusus disini berotentasi pada mata pelajaran keagamaan karena sekolah Madrasah lebih menonjolkan ilmu keagamaan.
Sarana dan prasarana belajar yang ada di MTs Al-Mujahidin memang di sediakan oleh pihak sekolah namun tidak lengkap dari yang diharapkan, seperti dalam hal buku pelajaran khususnya bahasa Arab. Di perpustakaan menyediakan buku pelajaran tetapi tidak mencukupi jumlah dari keseluruhan siswanya hingga ada siswa yang memiliki dan ada yang tidak memiliki buku pelajaran tersebut.
Di dalam mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran yang lain adanya saling keterkaitan seperti mata pelajaran mengenai bahasa Arab, dalam belajar bahasa Arab tak lepas dengan ilmu nahu dan sharaf, tetapi di sini mata pelajaran nahu sharaf dipisahkan dengan mata pelajaran bahasa arab, karena mata pelajaran nahu sharaf merupakan mata pelajaran tambahan yang tidak ada dalam kurikulum sedangkan mata pelajaran bahasa arab termasuk dalam kurikulum pendidikan madrasah.
Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran lazimnya ditunjukan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Prestasi belajar khususnya pelajaran bahasa Arab yang meliputi mata pelajaran nahu dan syaraf di MTs Al- Mujahidin siswa dan siswinya memperoleh nilai rata-rata tujuh dalam mata pelajaran tersebut.
Dengan rata-rata yang cukup tinggi demikian apakah prestasi yang dicapai itu karena sarana dan prasarana yang ada, maka penulis tertarik untuk mengkaji dalam sebuah penelitian dengan judul “ HUBUNGAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs AL-MUJAHIDIN SAMARINDA”.
B. Batasan Masalah
Mengingat luasnya cakupan sarana belajar maka penulis membatasi pada kelengkapan sarana belajar berupa buku pelajaran bahasa Arab dan buku catatan yang dimiliki siswa, berdasarkan kurikulum yang ada di Mts Al-Mujahidin.
C. Rumusan Masalah dan Hepotesa
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka permasalahan dalam penelitian dirumuskan sebagai berikut :
“ Seberapa besar hubungan kelengkapan buku pelajaran dan buku catatan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa MTs Al-Mujahidin Samarinda ? “
Yang menjadi hepotesa dalam penelitian ini adalah : adaya hubungan yang positif antara kelengkapan buku pelajaran dan buku catatan terhadap prestasi belajar siswa MTs Al-Mujahidin Samarinda.
D. Defenisi Oprasional
Agar tidak menimbulkan penafsiran ganda untuk menghindari kesalahan interprestasi terhadap istilah yang digunakan dalam penelitian ini defenisi oprasionalnya adalah :
Kelengkapan sarana belajar indikatornya adalah kepemilikan siswa terhadap sarana belajar yaitu buku pelajaran Bahasa Arab dan kelengkapan buku catatan bahasa Arab ( Nahu sharaf ).
Prestasi belajar indikatornya adalah nilai yang diperoleh siswa semester kedua tahun ajaran 2005/2006 pada mata pelajaran Bahasa Arab, yang dapat dilihat pada raport siswa.
E. Alasan Memilih Judul
Adapun alasan penulis memilih judul sebagai berikut:
1. Karena buku pelajaran hanya merupakan komponen kecil dari proses pembelajaran tetapi salah satu unsur yang memegang peranan dalam keberhasilan dalam belajar.
2. Karena hasil belajar yang diperoleh siswa cukup tinggi
3. Karena judul yang diangkat penulis memiliki relevansi dengan latar belakang pendidikan penulis yaitu jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam
F. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1. Tujuan Penelitian
a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa MTs Al-Mujahidin Samarinda.
b. Penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan hepotesa penelitian yaitu adanya hubungan yang positif antara kelengkapan buku pelajaran dan buku catatan terhadap prestasi belajar siswa MTs Al-Mujahidin Samarinda.
2. Kegunaan Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan:
a. Informasi bagi guru dan siswa untuk peningkatan hasil belajar.
b. Informasi bagi Kepala sekolah sebagai bahan masukan dalam peningkatan hasil belajar.
c. Informasi bagi orang tua/wali siswa sebagai bahan masukan dalam peningkatan hasil belajar
G. Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan penulis dalam menguraikan segala bentuk permasalahan yang ada dan berkenaan dengan judul skripsi ini, maka penulis membagi menjadi 6 ( Enam ) bab yaitu sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan yang berisikan Latar Belakang, Batasan Masalah, Rumusan Masalahdan hepotesa penelitian, Defenisi Oprasional, Alasan Memilih Judul, Tujuan dan Kegunaan Penelitian dan Sistematika Penulisan.
Bab II, Landasan Teori yang terdiri dari Sarana belajar yang didalamnya menguraikan tentang pengertian sarana belajar, pengertian media Pembelajaran dan pembagian Media, kemudian Buku Pelajaran dan buku catatan, selanjutnya masalah indikator-indkator prestasi belajar, kemudian tentang Prestasi Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi Belajar.
Bab III, Metodelogi Penelitian, yang berisikan Populasi dan Sampel, Metode dan Tehnik Pengumpulan Data.
Bab IV, Hasil Penelitian.
Bab V, Analisis Data.
BabVI, Penutup yang terdiri dari Kesimpulan dan Saran.

Daftar Pustaka :
1 Ibrahim dan Syaodih Perencanaan pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta:2003, hal:51
2 Hamalik, O. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan system ,Citra Aditia Bakti, Bnadung:1995, hal:12


By : Bahriah Spd.I

0 komentar:

Poskan Komentar